Rabu, 12 Desember 2012

TAHAPAN INSTALASI WINDOWS 7






INSTALASI JARINGAN KOMPUTER WINDOWS



Metode Instalasi
Untuk melakukan instalasi Windows 7 dapat digunakan beberapa metode sebagai berikut:
1.      CDROM Bootable
Cara ini paling mudah dan cepat untuk dilakukan. Anda harus mengkonfigurasi BIOS komputer untuk booting dari CDROM. Sebuah tampilan text based akan memberikan beberapa pertanyaan mengenai lokasi penempatan Windows 7 dan sistem partisi yang digunakan.

2.      Setup Disk
Metode ini memerlukan waktu paling lama, penulis tidak merekomendasikan cara ini kecuali anda tidak memiliki CDROM drive yang dapat digunakan secara bootable. Sebelum melakukan instalasi anda perlu membuat setup disk dari komputer lain yang sudah terinstal Windows 7.

3.      Instalasi dari OS lain
Apabila anda telah memiliki sistem operasi lain di komputer, maka dapat langsung menjalankan proses instalasi dengan memasukkan CDROM Windows 7 dan memanfaatkan sistem autorun.

Praktik Instalasi Windows 7
Proses instalasi Windows 7 tidak jauh berbeda dengan penginstalan sistem operasi Microsoft lainnya. Jika pernah menginstal Windows 2000, XP, 2003, dan vista, maka anda tidak akan menemukan kesulitan untuk menginstal Windows 7.
Pada proses instalasi Windows 7, anda mendapatkan 2 pilihan sebelum mulai menginstalnya: full installation (penginstalan penuh) atau Upgrade installation. Untuk penginstalan penuh, proses akan menghapus seluruh data sistem operasi sebelumnya pada komputer atau PC dan mengkonfigurasi ulang sistem anda. Sebaliknya jika anada memilih penginstalan upgrade, maka seluruh data sistem operasi akan tetap ada.

Langkah-langkah untuk instalasi Windows 7 adalah sebagai berikut :
1.      Lakukan setting pada BIOS kompuer PC anda untuk booting dari CDROM. Biasanya ketika PC baru menyala terdapat keterangan tombol untuk masuk ke BIOS, biasanya F2 atau DEL.
2.      Masukkan bootable CDROM Windows 7, dan restart PC anda.
3.      Tampil dialog text based, lanjutkan instalasi dengan menekan Enter.



4.      Tampilan akan menjadi seperti ini.



5.      Setelah semua file siap akan muncul starting windows.


6.  Dilanjutkan pengaturan bahasa, format waktu dan input keyboard. Setting seperti gambar di bawah, kemudian klik tombol next.


7.      Kemudian tampilan akan terlihat seperti gambar di bawah ini, klik pada pilihan ‘install now’ maka pengaturan pun dimulai.

8.      Centang pilihan ‘I accept the license terms’ ketika jendela lisensi ditampilkan, klik tombol next.




9.      Selanjutnya pilih custom (advance) untuk memilih di drive mana Windows 7 akan diinstal.




10.  Pada tahap pembagian partisi pada hardisk kita. Klik pada ‘Drive options (advanced)’ untuk memulai melakukan partisi pada hardisk. Lalu pilih Pilihan ‘New’.




11.  Masukkan besarnya kapasitas penyimpanan pada partisi yang akan kita buat. Selanjutnya klik Apply. Dan klik Ok jika ada kotak peringatan.



12.  Lakukan hal yang sama  pada sisa hardisk yang belum terpakai, sehingga akan terlihat seperti gambar di bawah ini. Kemudian Klik Next.




13.  Setelah tombol next maka installasi pun dimulai, sistem akan mengcopy dan melakukan installasi pada file-file yang terdapat pada CDROM Windows 7. Jika telah selesai sistem akan secara otomatis melakukan restart.





14.  Setelah restart, biarkan Windows kembali menyala dan melanjutkan proses instalasi hingga selesai. Jika telah selesai, Windows akan kembali melakukan restart secara otomatis.




15.  Selanjutnya lakukan personalisasi pada Windows 7 yang akan anda gunakan nanti. Pertama, isikan nama pengguna (misalkan nama Anda) seperti gambar di bawah dan klik tombol next.




16.  Jika diperlukan, isi password yang nantinya digunakan untuk masuk ke lingkungan windows yang telah diinstall dan klik next. 


          17. Masukan product key windows Anda dan next atau skip jika Anda belum memiliki product key.

18.  Pilihlah level proteksi keamanan dari Microsoft.




19.  Atur Zona waktu Anda, lalu klik next.


20.  Tunggu sampai sistem selesai menyimpan semua pengaturan yang telah Anda buat dan berhasil. Dan  sekarang PC Anda telah terinstall Windows 7.



SEKIAN


























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar